top of page
Search
  • Writer's picturepodcast tmtr

Cara Membuat Website Dengan Cepat dan Mudah

Updated: Oct 9, 2020


Siapa sih yang tidak kenal dengan website, sebuah platform yang serbaguna dan menyatukan jutaan manusia? Ya, kita semua terhubung melalui media maya melalui sebuah tempat yang dinamakan website. Dan karena keajaiban tersebut, akhirnya banyak orang yang ingin menyewa jasa web design services untuk membuat web.




Apa Sih Jasa Web Design Services Itu?

Jasa web design services adalah sebutan bagi perseorangan atau perusahaan yang menyediakan jasa membuat dan memperbaiki website. Website bentuknya sangatlah beragam, dan hal tersebut bisa dikustomisasi hanya dengan bahasa pemrograman. Namun begitu, sekarang ini ada banyak bahasa pemrograman yang dibentuk seperti aplikasi.


Hal ini bertujuan agar para pembuat website pemula seperti Anda lebih mudah untuk mengkoordinasikan sisi front (tampilan) dan sisi back (belakang) website. Berbagai aplikasi tersebut banyak disukai karena menyediakan layanan gratis, walaupun ada yang berbayar dan memiliki kualitas seperti premium.


Bagaimana Cara Membuat Website Dengan Cepat Dan Mudah?

Nah, berhubung cara membuat website sudah bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, Anda bisa langsung membuat website dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ya :

1. Terlebih dahulu tentukan tujuan pembuatan website

Langkah penting pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat website adalah mempertanyakan tujuan dari pembuatan website tersebut. Apakah website tersebut akan digunakan untuk perusahaan, perseorangan, demi kepentingan bisnis, blog pribadi, atau yang lainnya? Pertanyaan tersebut harus dijawab untuk mendapatkan gambaran terbaik terkait website yang akan di-build.


2. Tentukan domain serta hosting dari website baru tersebut

Domain adalah server manajer “alamat” dari website tersebut, sedangkan hosting adalah server yang digunakan untuk menyimpan data user dan admin. Anda bebas menentukan domain dan hosting yang akan digunakan, namun sebaiknya yang berkualitas. Domain dan hosting yang profesional pastilah berbayar tergantung dari kualitas yang dimiliki.


3. Memilih alamat website yang akan dibuat

Alamat website tidak jauh kaitannya dengan domain dan hosting. Bahkan Anda bisa memilih nama alamat tersebut ketika akan melakukan registrasi domain dan hosting website yang bersangkutan. Pemilihan nama alamat ini juga hendaknya dilakukan dengan teliti, terutama website yang akan dibangun untuk kepentingan bisnis. Dengan begitu, website akan mudah ditemukan dan dihafal namanya oleh para visitor.


4. Pilih platform yang akan digunakan untuk website building

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah memilih platform untuk melancarkan aksi building website. Aplikasi tersebut bisa berupa Wordpress, Joomla, Bootstrap, Code Igniter, dan lain sebagainya. Memang aplikasi tersebut memudahkan pembuat website pemula, namun tak jarang programmer profesional juga menggunakannya loh!


5. Rancang tampilan user interface semau Anda

Setelah itu yang perlu Anda lakukan adalah melakukan kustomisasi terhadap tampilan user interface website baru Anda sendiri. Biasanya aplikasi pihak ketiga menyediakan berbagai pilihan template yang bisa langsung Anda gunakan untuk menghias tampilan laman landing page website. Walaupun begitu, biasanya jasa pembuatan website menggunakan program tersendiri untuk menghias laman web klien.


Itulah beberapa cara melakukan website building secara mandiri tanpa bantuan penyedia jasa pembuatan website.


Dengan proses cara membuat website sendiri yang simpel dan mudah, Anda bisa membangun website Anda sendiri mulai sekarang tanpa lagi harus menunda.


Namun jika Anda merasa butuh website yang lebih profesional, Anda bisa langsung menghubungi pihak jayawebsite.com sekarang juga.

19 views0 comments
bottom of page